Takut Tanaman Dipanen Kera, Petani Rela Berjaga Pagi Hingga Sore

Takut Tanaman Dipanen Kera, Petani Rela Berjaga Pagi Hingga Sore

Oleh : hartanto
15 Februari 2020 15:43
gunungkidul.sorot.co

Saptosari,(gunungkidul.sorot.co)--Serangan kera ekor panjang kembali meresahkan sebagian petani di Kabupaten Gunungkidul. Kawanan kera jumlahnya mencapai ratusan ekor terkadang menyerang lahan pertanian milik warga dan memakan tanaman pangan di ladang.

Untuk mengantisipasi serangan kera ekor panjang, sebagian petani terpaksa berjaga-jaga di ladang untuk mengusir satwa mamalia primate itu. Dari pagi hingga sore, sebagian petani rela menghabiskan waktunya di ladang.

"Kalau misalnya ada acara di kampung, ya giliran yang jaga. Harus dijaga, kalau nggak dijaga bisa habis dimakan kera," kata Sumardiyono, warga Desa Jetis, Kecamatan Saptosari, Sabtu (15/02/2020).

Selain itu ada beberapa petani di kawasan Ladang Blondo pilih memasang jaring di sekeliling ladang. Hal itu dianggap efektif mengurangi intensitas serangan kera. 

Hal serupa juga terjadi di Kecamatan Paliyan. Menurut Suyatman, petani dibuat resah dengan ulah kera ekor panjang. Sama halnya di wilayah Saptosari, apabila petani lengah maka tanaman kacang di ladang hanya tinggal daun.

"Bisa kalah sama kera. Jadi yang susah payah tanam kita, yang panen kera," keluh Suyatman, warga Padukuhan Karangmiri, Desa Mulusan, Kecamatan Paliyan.

Create Account



Log In Your Account