Nelangsa, Bayi 6 Bulan Minum Susu Pakai Selang Kecil di Perut

Nelangsa, Bayi 6 Bulan Minum Susu Pakai Selang Kecil di Perut

Oleh : redaksi
15 Februari 2020 12:01
gunungkidul.sorot.co

Wonosari,(gunungkidul.sorot.co)--Lestari (24) pagi itu tampak sibuk mengurus putranya, Habib Bin Jaya. Bayi laki-laki berusia sekitar 6 bulan itu membutuhkan perhatian khusus lantaran menderita kelainan sejak ia dilahirkan.

Dalam mengurus Habib setiap hari, Lestari dibantu oleh ibu mertua, Saliyem dan tetangga. Maklum saja, Lestari memang perlu intensif merawat anaknya yang sedari lahir menderita kelainan berupa saluran tenggorokan terputus.

Anak saya ini sejak lahir memang ada kelainan atresia esofagus. Kata dokter saluran tenggorokan semacam terputus. Jadi nggak bisa minum susu pakai mulut. Kalau pakai mulut pasti tersedak,” ucap Lastri yang tinggal di rumah mertuanya Padukuhan Kamal RT 08, Desa Wunung, Kecamatan Wonosari, Sabtu (15/02/2020).

Dijelaskan, selama sakit Habib telah berobat ke berbagai rumah sakit mulai dari RSUD Wonosari selama 24 hari, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta selama 2 hari, hingga RS Sardjito Yogyakarta. 

Yang paling lama di Sardjito sampai kurang lebih 1,5 bulan. Ya karena di sana Habib dioperasi 3 titik agar bisa mendapat asupan susu. Jadi sekarang minum susu lewat selang kecil di bagian perut,” terang Lastri yang bersuamikan Doni, seorang buruh bangunan.

Diceritakan, selama menjalani operasi pertama, Habib sempat lemah dimana berat badan menjadi turun drastis hingga 1,7 Kg. Namun berkat penanganan intensif oleh petugas, kondisinya kini berangsur membaik dan bobotnya naik menjadi 2,6 Kg.

Rencananya Habib juga masih harus menjalani operasi besar untuk penyambungan kerongkongan yang terputus. Namun demikian operasi tersebut masih harus menunggu kondisi berat badan minimal mencapai 5 Kg.

Di Sardjito besok rencananya, tapi nunggu bobot minimal sampai 5 Kg,” tutur dia.

Ditambahkan oleh Suwasti, tetangga sekaligus Kader Posyandu Padukuhan Kamal, Habib kini sangat membutuhkan susu khusus dan vitamin untuk meningkatkan berat badannya menuju normal.

Kalau operasi dulu sudah pakai BPJS Kesehatan, jadi lumayan terbantu. Cuma biaya operasional untuk wira-wiri, beli vitamin dan susu harus beli dari kantong sendiri,” tandasnya. 

 

Create Account



Log In Your Account