Minimalisir Angka Kecelakaan, Petugas Tindak Tegas Kendaraan ODOL

Minimalisir Angka Kecelakaan, Petugas Tindak Tegas Kendaraan ODOL

Oleh : Rosa
13 Februari 2020 16:14
pidjar.com

Wonosari,(pidjar.com)–Satlantas Polres Gunungkidul terus berupaya menekan angka kecelakaan lalu lintas di Gunungkidul. Salah satunya dalam beberapa waktu terakhir melakukan penindakan langsung pelanggaran Over Dimension Over Load atau dikenal ODOL. Puluhan kendaraan pun telah ditindak dan langsung dikenakan sanksi tilang oleh petugas.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Anang Tri Nuviyan mengatakan penindakan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat kendaraan melebihi muatan. Selama ini pihaknya telah menilang puluhan kendaraan saat melintas di jalanan Gunungkidul.

“Ada 34 kendaraan baik mobil maupun truk yang kami tindak langsung,” kata dia, Kamis (13/02/2020).

Ia menjelaskan, pelanggaran tersebut mudah diamati dengan melakukan pantauan mata telanjang. Setiap kendaraan yang membawa muatan berlebih langsung dihentikan untuk kemudian ditindak oleh petugas.

Berita Lainnya  Terpeleset, Sarip Tewas Tenggelam Saat Tengah Mencari Air

“Terutama mereka yang membawa angkutan barang kemudian di atasnya ada orangnya. Itu kan berbahaya sekali,” terang dia.

Disinggung mengenai lokasi operasi, ia menyebut tidak memilih tempat khusus. Namun dari data yang ada pelanggaran hampir menyeluruh terjadi di wilayah Gunungkidul.

“Kita banyak menindak di Patuk dan Bundaran Siyono, Playen itu,” ucapnya.

Penindakan ini, kata Kasat Lantas akan dilakukan secara terus menerus dan tidak mengenal waktu. Sebab hal ini selain bentuk penegakan hukum juga bentuk upaya Satlantas memberikan perlindungan kepada pengguna jalan lain.

“Karena kalau dibiarkan, semisal terguling di tengah jalan sangat membahayakan pengguna jalan lainnya,” terang dia.

Ia juga menambahkan, pihaknya tak henti-henti memberikan himbauan kepada pengguna jalan agar selalu waspada dan menggunakan perlengkapan keselamatan berkendara. Selain itu dirinya juga menghimbau untuk mengecek kendaraan sebelum digunakan serta tidak memaksakan diri berkendara ketika kondisi badan tidak sehat.

Berita Lainnya  Pohon Bertumbangan Akibat Angin Kencang, Jalan Semin-Karangmojo Sempat Lumpuh

 

Create Account



Log In Your Account