Sungai Ngrancah Tercemar Bahan Kimia, Ini Penjelasan PDAM

Sungai Ngrancah Tercemar Bahan Kimia, Ini Penjelasan PDAM

Oleh : redaksi
13 Februari 2020 15:04
gunungkidul.sorot.co

Kokap,(kulonprogo.sorot.co)--Direktur Utama PDAM Tirta Binangun, Jumantoro angkat bicara terkait pencemaran Sungai Ngrancah di Kapanewon Kokap pada Rabu (12/02/2020) kemarin. Seperti diketahui, bahan kimia berjenis Poly Alumunium Chloride (PAC) dari salah satu pipa PDAM bocor hingga mencemari sungai menyebabkan sejumlah ikan pada ekosistem sungai mati.

Dikatakan oleh Jumantoro, kebocoran pipa tersebut terjadi pada Selasa (11/02) malam. Pipa saluran penjernihan air ini bocor lantaran usianya yang sudah tua.

"Kemarin malam ada salah satu bak penampungan PAC kami mengalami kebocoran, kemudian air PAC tenyata mengalir ke saluran pengurasan dan menuju sungai, tapi tadi malam tidak bisa terdeteksi, sehingga terlanjur keluar," kata Jumantoro, Kamis (13/02/2020).

Atas kejadian ini, pihaknya telah menutup pipa pembuangan dan akan segera memperbaiki kerusakan bak penampungan tersebut. Selain itu, pihaknya juga berjanji untuk melakukan langkah antisipasi agar kejadian serupa tak terulang lagi. 

Terkait kondisi lingkungan yang tercemar PAC, Jumantoro memastikan dalam waktu dekat kandungan bahan kimia itu sudah bisa hilang. Sebab, PAC, lanjutnya berbeda dengan kaporit. Meski fungsinya sama, tapi bahan satu ini lebih mudah larut.

"Sementara untuk ikan mati karena tadi air yang sudah tercampur PAC tertampung di bendung, kalau mengalir pasti tidak akan mati," imbuh Jumantoro.

Create Account



Log In Your Account