Tahun ini Empat SD, Sekolah Tak Memenuhi Syarat Wajib Diindukkan

Tahun ini Empat SD, Sekolah Tak Memenuhi Syarat Wajib Diindukkan

Oleh : r2
11 Desember 2019 14:35
gunungkidul.sorot.co

Wonosari,(gunungkidul.sorot.co)--Kini istilah regruping sudah diganti dengan istilah sekolah tidak memenuhi syarat. Tidak memenuhi syarat dalam hal ini berkaitan dengan jumlah siswa yang tidak mencapai jumlah 60 siswa selama tiga tahun berturut-turut.

Menurut Sumarto, Kepala Bidang SD Disdikpora Gunungkidul, kunci dari berjalannya sekolah adalah siswa. Dengan demikian, jumlah siswa menjadi syarat utama untuk sekolah dapat dianggap layak.

Kini konsep pengindukan bukan lagi dijalankan oleh Disdikpora, namun setiap sekolah harus memiliki kesadaran dan inisiatif untuk menginduk berdasarkan data jumlah siswa yang tidak sesuai syarat.

Untuk proses pengindukan, dijalankan sesuai dengan kesepakatan antara induk dan sekolah yang mau menginduk. Pihak Dikpora tidak menentukan lokasi induk. Sekolah yang digunakan harus memenuhi standar lahan yakni selebar 2.500 - 2.700 meter persegi. Untuk sekolah yang kurang memenuhi syarat harus menginduk ke sekolah yang lebih layak.

Belajar dari pengalaman, siswa ataupun orang tua banyak yang merasa tidak terima dengan proses regruping. Kini, sejak tahun 2018 sekolah dituntut untuk berinisiatif mengusulkan untuk menginduk. Sejumlah sosialisasi sudah dilakukan untuk konsep baru yang akan diterapkan.

Untuk sekolah yang tidak memperhatikan syarat, maka sekolah akan secara otomatis akan diberhentikan dari pusat, dan tidak terdaftar kembali. Selain itu dana BOS secara otomatis akan diputus, PIP, KIH, dan PKH juga tidak akan terdata. Untuk pengindukan sendiri dilakukan diantaranya untuk menyelamatkan alumni agar terdata secara jelas. Selain itu melalui pengindukan kompetensi siswa juga dapat meningkat kuliatas dan kompeten.

Untuk tahun 2019, sejumlah 21 sekolah sudah mengajukan pengindukan karena tidak memenuhi syarat. Namun demikian baru ada 4 sekolah yang mendapat SK dan bisa diindukkan, diantaranya SD Gari 2 Wonosari diindukan ke SD Gari 3 Wonosari, SD Genjahan 1 ke SD Genjahan 3 Kecamatan Panjong.

Setelah proses pengindukan, siswa bebas untuk pindah sekolah kemana saja, namun untuk tenaga pendidik akan ditempatkan ke sekolah yang dianggap membutuhkan.

"Harapannya mutu layanannya lebih baik, siswa juga bisa meningkatkan kompetensi mereka dengan jumlah siswa yang layak," harap Sumarto. (nur)

Mau Jago IT?

Create Account



Log In Your Account