Sekolah Pinggiran Dominasi Juara Lomba Video Edukasi dan Aplikasi Mobile

Sekolah Pinggiran Dominasi Juara Lomba Video Edukasi dan Aplikasi Mobile

Oleh : r2
11 Desember 2019 05:24
gunungkidul.sorot.co

Wonosari,(gunungkidul.sorot.co)--Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul melalui bidang SMP mengadakan Final Lomba Video Edukasi dan Aplikasi Mobile tingkat kabupaten pada Selasa (10/12/2019).

Lomba tersebut dikhususkan untuk pendidik dan tenaga kependidikan jenjang SMP se-Kabupaten Gunungkidul. Acara yang digelar di komplek kantor Disdikpora tersebut guna mendukung mewujudkan Gunungkidul yang cerdas.

Acara ini merupakan acara perdana yang dilaksanakan di tahun ini. Mengingat saat ini sudah memasuki era digital dan penerapan pembelajaran 4.0, maka acara tersebut dilaksanakan untuk mendukung proses pembelajaran di era modern.

Guru-guru dimotivasi untuk menggunakan digital dalam proses pembelajaran sesuai dengan tuntutan zaman. Diselenggarkannya acara ini juga sebagai ajang untuk memotivasi guru dalam proses pembelajaran dan untuk mengembangkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran.

Proses perlombaan sebelumnya dilaksanakan di Pokja (kelompok kerja) kecamatan. Dari masing-masing Pokja dipilih 10 peserta untuk kemudian diseleksi di Kabupaten untuk menentukan 3 nominator. Proses terakhir dilakukan presentasi dari ketiga nominator untuk menentukan juara 1, 2, dan 3.

Jumlah peserta yang berhasil lanjut ke tingkat kabupaten sebanyak 141 peserta untuk lomba video edukasi dan 138 peserta untuk lomba aplikasi mobile.

Masing-masing peserta yang lolos di pokja kecamatan akan mendapatkan Rp 300.000 sebagai uang pembinaan. Nantinya, masing-masing peserta yang berhasil masuk ke dalam tiga nominator akan mendapatkan uang pembinaan sejumlah Rp 2.000.000 dari Disdikpora Gunungkidul.

Lomba video edukasi dimenangkan dari sekolah-sekolah pinggir di Gunungkidul. Juara 1 diraih SMP N 1 Gedangsari dengan sutradara Drs. Suhartanto dengan judul video Panggil Saja Yasin Suharta, juara 2 diraih SMP N 1 Semin, sutradara Petrus Puji dengan judul video Buah Kejujuran, untuk juara 3 diraih dari SMPN 4 Ponjong, sutradara Anggun Prasetya dengan judul video Berubah.

Sementara itu, tiga pemenang Aplikasi Mobile yakni Hanasto dari SMP Muh. Al-Mujahiddin sebagai juara pertama, Puji Rahmat dari SMP N 1 Wonosari sebagai juara kedua, dan Budi Setiyarso dari SMPN 2 Ponjong meraih juara ketiga.

Video dan aplikasi yang lolos dalam tiga besar nantinya akan digunakan sebagai media dalam pembelajaran di Kabupaten Gunungkidul.

"Kedepannya acara ini akan kami dilaksanakan secara rutin dari tahun ke tahun. Tentunya dengan memperhatikan evaluasi-evaluasi dari pelaksanaan perdana ini," ujar Wasgiyanta, ketua panitia acara. (nur)

Mau Jago IT?

Create Account



Log In Your Account