Belum Sempurna, Program Pemasangan CCTV di Jalan Raya Terkendala Sinyal

Belum Sempurna, Program Pemasangan CCTV di Jalan Raya Terkendala Sinyal

Oleh : redaksi
21 November 2019 05:01
gunungkidul.sorot.co

Wonosari,(gunungkidul.sorot.co)--Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memasang CCTV dan speaker di beberapa titik dan simpang empat mulai tahun 2019 ini. Meskipun belum berjalan secara maksimal, pemasangan CCTV tersebut bertujuan membantu pemantauan kelancaran dan ketertiban lalu lintas.

Hingga saat ini sudah ada 32 titik pemasangan CCTV yang dipantau oleh Dinas Perhubungan Gunungkidul, salah satunya di simpang empat Pemda. Selebihnya dikendalikan oleh Dinas Kominfo Gunungkidul.

Pemasangan CCTV tersebut dilengkapi dengan pemasangan speaker yang nantinya dapat saling melengkapi fungsi. Kejadian pelanggaran lalu lintas yang terekam CCTV bisa dipantau melalui sistem dari Dishub. Setelah itu kemudian Dishub menindaklanjuti dengan mengingatkan melalui speaker yang sudah tersedia.

Namun, CCTV yang ada di Gunungkidul masih menggunakan jaringan Wifi sehingga sinyalnya masih mudah terganggu. Hingga saat ini, Gunungkidul masih dalam tahap proses pemasangan jaringan kabel FO, yang nantinya diharapkan bisa memperlancar koneksi.

Selain itu, keterbatasan teknisi bidang Kasi Managemen Rekaya Lalu Lintas juga menjadi penghambat suksesnya program tersebut. Dengan tiga petugas di bidang tersebut, masih terhitung sangat sedikit untuk memantau dan mengendalikan CCTV yang tersebar di Gunungkidul.

Satu CCTV yang terpasang mampu diputar melaui sistem yang ada di Dishub sehingga melalui satu CCTV bisa memantau secara menyeluruh. Namun tidak semua CCTV yang ada di Gunungkidul dikendalikan oleh Dishub, sebagian diantaranya terpusat di Kominfo.

"Kedepannya semoga bisa diperluas, tapi ya semua tergantung anggaran. Kalau untuk tahun 2020 kemungkinan belum bisa, karena anggaran terbatas digunakan untuk Pilkada," kata Sunarjo, Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Gunungkidul, Rabu (20/11/2019). (nur)

Mau Jago IT?

Create Account



Log In Your Account