Geledah Rumah Terduga Teroris, Densus Amankan Barang Diduga Bom Rakitan dan Bahan Peledak

Geledah Rumah Terduga Teroris, Densus Amankan Barang Diduga Bom Rakitan dan Bahan Peledak

Oleh : redaksi
20 November 2019 18:50
gunungkidul.sorot.co

Playen,(gunungkidul.sorot.co)--Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri mengamankan sejumlah barang dari rumah terduga teroris, Mar pada Rabu (20/11/2019) siang. Dari pantauan warga sekitar, barang yang diamankan diduga bom rakitan dan bahan peledak.

Salah seorang tetangga yang juga kerabat dari Mar, Suharto menuturkan, penggerebekan diikuti penggeledahan oleh Densus 88 dilakukan sejak Rabu pagi di rumah Mar di wilayah Ngunut Tengah, Desa Ngunut, Kecamatan Playen.

Awalnya dia terkejut adanya sejumlah petugas yang datang ke lokasi dan memasang garis polisi di sekitar lokasi.

Suharto yang rumahnya berjarak belasan meter dari lokasi penggerebekan mengaku melihat langsung penggeledahan yang dilakukan petugas Densus 88.

Ia menyebut bahwa sejumlah barang diamankan petugas seperti bom rakitan, bahan peledak, senjata tajam dan sebuah parang. Ia juga mengatakan bahwa Mar bukan asli warga Desa Ngunut, melainkan berasal dari Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Kalau istrinya Mar asli sini. Punya satu anak, sudah kuliah,” ungkap Suharto.

Informasi yang diperoleh, Mar dan istrinya membuka warung kelontong di rumahnya. Mar kadang bertugas kulakan bensin di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) untuk dijual kembali di warungnya. 

Menurut kesaksian warga, Mar selama bertempat tinggal di Ngunut jarang melakukan aktivitas sosial kemasyarakatan. Ia juga jarang bertegur siapa dengan warga meski dirinya membuka toko kelontong.

"Mar juga sering bawa mobil ambulan, tapi kurang tahu ambulan milik siapa. Kadang juga ada yang bertamu. Mungkin temannya," tutupnya.

Pantauan di lapangan, usai dilakukan penggeledahan oleh Densus 88, Mar langsung dibawa aparat ke Mapolda DIY. Sedangkan istri dan anak laki-lakinya untuk sementara waktu juga diamankan oleh pihak kepolisan.

Hingga kini belum ada keterangan lebih lanjut atas keterlibatan Mar dalam aktivitas terorisme, termasuk jaringan keanggotaannya. (hartanto)

Mau Jago IT?

Create Account



Log In Your Account