Mahfud Md-Prabowo: Kisah Lama di Pilpres 2014 Lanjut di Kabinet Jokowi

Mahfud Md-Prabowo: Kisah Lama di Pilpres 2014 Lanjut di Kabinet Jokowi

Oleh : Tim detikcom - detikNews
23 Oktober 2019 09:33
news.detik.com

Jakarta - Mahfud Md dan Prabowo Subianto kini berada dalam satu gerbong Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Wapres Ma'ruf Amin. Didapuk sebagai Menko Polhukam, Mahfud Md bakal membawahi Kementerian Pertahanan yang dikomandoi Prabowo Subianto. Jauh sebelum 2019, Mahfud pernah menjadi 'bawahan' Prabowo.

Mahfud Md dan Prabowo Subianto diperkenalkan Jokowi sebagai menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Jokowi turut menjabarkan tugas-tugas yang harus dilaksanakan Menko Polhukam Mahfud Md.


"Saya ingin memperkenalkan yang pertama Prof Dr Mahfud Md sebagai Menko Polhukam, Menko Polhukam. Berdiri Prof. Beliau akan menjadi Menko Polhukam sehingga hal-hal yang berkaitan dengan korupsi, kepastian hukum, deradikalisasi, antiterorisme berada di wilayah Prof Mahfud Md," kata Jokowi.

Setelahnya, Jokowi mengenalkan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebelum mengumumkan Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan. Jokowi yakin eks rivalnya di dua pemilihan presiden itu paham akan tugas-tugas mendatang.

"Saya kira tugas beliau saya tidak usah menyampaikan, beliau lebih tahu daripada saya," sebut Jokowi.


Untuk diketahui, Menko atau Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan HAM mengkoordinir sejumlah kementerian, salah satunya adalah Kementerian Pertahanan yang kini dipimpin Prabowo Subianto. Sebagai Menhan, Prabowo bakal berkoordinasi dengan Mahfud Md selama lima tahun mendatang. Dengan kata lain, Mahfud kini menjadi atasan Prabowo.

Saat 2014, Mahfud Md sempat satu gerbong dengan Prabowo Subianto di pemilihan presiden. Mahfud Md menjadi juru bicara Prabowo yang berpasangan dengan Hatta Rajasa. Lawan Prabowo dan Mahfud saat itu adalah Jokowi yang kini berstatus Presiden 2019-2024.


Prabowo dan Mahfud dulunya akrab. Eks Danjen Kopassus itu bahkan pernah melontarkan pujian untuk Mahfud Md.

Dalam acara pemantapan Tim Pemenangan Nasional Prabowo-Hatta di Hotel Sahid, Jl Jend Sudirman, Jakarta Pusat, Prabowo dalam sambutannya melontarkan puja puji untuk Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Hatta, Mahfud Md.

"Saya sangat bersyukur, dan saya sangat bangga bersama Pak Hatta dan bersama rekan koalisi, bahwa seorang tokoh nasional bersedia menjadi Ketua Tim Kampanye kita," kata Prabowo di Hotel Sahid, Selasa (27/5/2014).
(gbr/tor)

Mau Jago IT?

Create Account



Log In Your Account